Rabu, 27 April 2011

Proses Treating


Proses pemisahan dan pemurnian minyak dan gas bumi hasil penambangan dilakukan pada stasiun pengumpul (gathering station). Tahapan ini merupakan salah satu proses penting dalam menghasilkan minyak dan gas bumi yang berkualitas. Pada tahapan ini dilakukan pemisahan antara minyak, gas, air dan pengotor-pengotor lainnya, dengan menggunakan serangkaian peralatan yang dirancang khusus sesuai dengan karakteristik fluida yang dipisahkan. Selanjutnya minyak dan bumi akan dimurnikan melalui proses oil treating dan gas treating.
Proses produksi minyak bumi masih mengalami kendala pada tingginya kadar pengotor di dalam minyak yang keluar dari sumur-sumur produksi. Pengotor-pengotor seperti emulsi, air formasi dan basic sediment sangat mempengaruhi kualitas minyak yang dihasilkan.
Secara garis besar terdapat dua proses utama yang dilakukan untuk memurnikan minyak, yaitu physical treating dan chemical treating. Physical treating adalah proses pengolahan dengan bantuan peralatan seperti separator, heater treater, FWKO (free water knock out) dan desalter. Sedangkan chemical treating adalah proses pengolahan dengan bantuan senyawa-senyawa kimia seperti demulsifier, biocide, H2S scavenger, scale inhibitor dan corrosion inhibitor.
Proses pemurnian minyak bumi dilakukan untuk meningkatkan kualitas minyak yang diproduksi. Beberapa proses yang umum dilakukan adalah pemurnian dengan chemical injection, separator, heater treater(dehydrator), dan de-gassing boot.
Efektifitas proses ini sangat erat kaitannya dengan kandungan air yang masih terdapat dalam minyak hasil produksi, yang merupakan salah satu spesifikasi kualitas minyak. Oleh karena itu peninjauan efektifitas proses pemisahan di separator perlu dilakukan untuk menjaga kualitas minyak hasil produksi. 
  • Stasium Pengumpul Minyak
Stasiun pengumpul minyak sering juga disebut sebagai Gathering Station. Stasiun pengumpul adalah stasiun atau unit kerja yang memiliki fungsi utama sebagai berikut:
·         Menampung fluida produksi dari berbagai sumur
·         Tempat menguji fluida yang dihasilkan dalam suatu sumur
·         Mengelola fluida reservoir, sehingga mencapai standar kualitas yang ditetapkan. Pengolahan di sini adalah pemisahan minyak dari gas, air, maupun padatan
·         Tempat pengukuran produksi dan pengiriman ke stasiun lain.
Peralatan produksi berdasarkan sistem gathering dan block station adalah merupakan pola atau sistem jaringan alat transportasi, fasilitas peralatan pemisah fluida produksi dan fasilitas peralatan penampung fluida hasil pemisahan.
Berdasarkan pada jumlah, tata letak sumur, dan letak tanki pengumpul serta kondisi laju produksi sumur-sumurnya, gathering system dapat dibedakan menjadi dua, yaitu radial gathering system dan axial gathering system.
Pada radial gathering system, semua flow line menuju ke header dan langsung berhubungan dengan fasilitas pemisah, sedangkan pada axial gathering system beberapa kelompok sumur memiliki satu header yang kemudian dari tiap-tiap header akan dialirkan ke trunk line (jenis flow line yang mempunyai diameter lebih besar dari flow line biasa, yang berfungsi untuk menyatukan aliran dengan volume yang besar) untuk kemudian dialirkan ke fasilitas pemisah.
Produksi dari suatu sumur pada umumnya masih terdiri dari campuran antara minyak, air dan gas. Disamping itu, terdapat juga partikel-partikel solid yang ikut terbawa jalur produksi. Oleh karena itu diperlukan suatu alat yang berfungsi untuk memisahkan minyak, air dan gas. Instalasi produksi ini disebut dengan stasiun pengumpul minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar